Yayasan Lentera Insan Depok : TB, TK, SD Islam, Klinik

Manfaat Internet bagi Pendidikan PDF Cetak Surel
Sabtu, 09 Agustus 2008 14:49

Akhir-akhir ini banyak kita temui para penyelenggara pendidikan sibuk dengan keberadaan internet di sekolah/institusinya. Tidak bisa dipungkiri bahwa internet sudah menjadi kebutuhan di dunia pendidikan saat ini. Internet merupakan sumber informasi, ada pepatah mengatakan “siapa menguasai informasi dia menguasai dunia”. Tentunya pepatah ini harus kita terjemahkan dalam artian positif.

Sering kali kita dengar para siswa membicarakan perihal internet, mulai dari tingkat SD. Apalagi saat ini banyak sekali perangkat yang mendukung internet dan juga kemudahan untuk mendapatkan akes internet, sehingga para siswa dengan mudahnya menggunakan dan memanfaatkan sarana internet tersebut.

Sebenarnya apa sih manfaat internet tersebut bagi Pendidikan?

Berikut beberapa manfaat yang bisa diambil dari adanya fasilitas internet di sekolah maupun ditempat lain bagi pendidikan kita.

Akses ke sumber informasi, sebelum adanya internet, masalah utama yang dihadapi oleh dunia pendidikan (di seluruh dunia) adalah akses kepada sumber informasi. Perpustakaan yang konvensional merupakan sumber informai yang sayangnya tidak murah. Selain masalah tempat, buku-buku dan jurnal harus dibeli dengan harga yang mahal. Pengelolaannya juga tidak mudah, sehingga banyak tempat yang tidak memiliki (perpustakaan) yang lengkap. Adanya internet memungkinkan mengakses kepada sumber informasi yang mulai tersedia banyak. Internet dapat dianggap sebagai sumber informasi yang sangat besar. Bidang apa pun yang anda minati pasti ada informasinya di Internet. Di Indonesia masalah kelangkaan sumber informasi konvensional lebih berat dibandingkan tempat lain, sehingga internet benar-benar menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini.

Akses interaktif/konsultasi, dengan adanya internet siswa bisa melakukan interaksi/berkonsultasi dengan orang lain. Dengan dukungan sarana email, chatting, voip bahkan video, para siswa dimungkinkan untuk melakukan interaksi atau pertukaran informasi dengan pihak lain. Tidak ada batasan tempat, cepat dan dengan biaya yang murah bila dibandingkan dengan harus bertatap muka.

Administrasi dan manajemen pendidikan, manajemen data pendidikan bisa dilakukan secara berangkai, terhubung dalam satu sistem komunikasi dua arah, mulai dari kantor Departemen Pendidikan, dinas propinsi, kabupaten kota, sampai ke masing-masing sekolah, dan sebaliknya. Dengan begitu, administrasi pendidikan yang mencakup lalulintas informasi pendidikan bisa dilaksanakan dengan mudah, lancar, cepat dan lebih murah. Internet ini akan sangat mendukung kondisi negara kita yang begitu luas dan terpisah dengan beberapa pulau. Bisa dibayangkan kalau tidak ada internet, betapa kesenjangan informasi yang akan terjadi antar sekolah yang terletak di kota/kabupaten yang letaknya jauh terpisah.

Selain itu masih ada manfaat-manfaat lain bagi pendidikan yang bisa diperoleh, seperti:

1. Proses pembelajaran menjadi lebih menarik, melalui internet pembelajaran tidak monoton dan jenuh karena dalam internet ada hal-hal baru yang variatif dan inovatif

2. Mendorong siswa untuk lebih aktif mencari ilmu pengetahuan dan informasi

3. Mempermudah penjelasan konsep, materi pembelajaran tidak hanya disampaikan dalam bentuk ceramah. Dengan internet materi dapat disampaikan secara audiovisual, pelajaran menjadi lebih nyata dan jelas, sehingga mempermudah pemahaman siswa.

4. Informasi lebih up to date, dll

Akhirnya, internet diharapkan dapat membantu mempercepat perkembangan pendidikan. Pendidikan lebih maju dan berkualitas. Pada gilirannya pendidikan dapat membantu mencerdaskan kehidupan bangsa. Bangsa yang cerdas akan membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Sebagai bagian dari Teknologi Informasi, internet memang ibarat pisau bermata dua. Disatu sisi, teknologi ini bisa bermanfaat apabila digunakan untuk melakukan hal-hal yang baik dan bermanfaat, seperti: mencari bahan-bahan pelajaran sekolah, diskusi mata pelajaran, mencari program beasiswa, konsultasi dengan pakar, belajar jarak jauh, dan mencari metode-metode pengajaran berbasis multimedia. Namun sayangnya penggunaan internet justru malah bergeser kepada hal-hal yang negatif dan ini harus menjadi perhatian seluruh komponen masyarakat. Karena bagaimanapun, kita tetap membutuhkan internet sebagai sarana informasi dan komunikasi yang bersifat global, namun disisi lain kitapun juga harus siap untuk melakukan antisipasi untuk mengatasi dampak-dampak negatifnya. Dan inilah persoalan bersama kita.

 

Daftar Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini303
mod_vvisit_counterKemarin927
mod_vvisit_counterMinggu ini303
mod_vvisit_counterMinggu lalu4848
mod_vvisit_counterBulan ini15268
mod_vvisit_counterBulan Lalu53685
mod_vvisit_counterTotal pengunjung418667

Sedang Online..

Kami punya 28 tamu online
Banner