Yayasan Lentera Insan Depok : TB, TK, SD Islam, Klinik

Kegiatan Parenting Jadi Ajang Tampilnya Klub Sekolah PDF Cetak Surel
Ditulis oleh Ririn   
Minggu, 21 April 2013 19:13

DEPOK—Beberapa pekan lalu, tepatnya Sabtu (06/04), SD Lentera Insan mengadakan kegiatan  Parenting. Kegiatan ini merupakan acara tahunan yang dilaksanakan pada pertengahan atau mid semester.

Menurut Kepala Sekolah SD Lentera Insan, Elly Trisna Setyawati, SPd., tujuan dilaksanakannya kegiatan parenting ini yaitu untuk  memberikan Laporan Perkembangan Belajar para siswa kepada orangtua secara umum terkait dengan pencapaian akademis, perilaku sosial dan pembejaran. Selain itu,  ada juga laporan pembinaan/penanganan yang telah dilakukan tim guru di sekolah dalam upaya mengoptimalkan kompetensi ananda pada setiap jenjang kelasnya.

“Diharapkan ada wawasan yang sama terhadap proses yang sedang berlangsung. Ada kesinambungan antara apa yang dilakukan disekolah dan rumah, serta adanya keterlibatan yang lebih dari orangtua,” ujar Elly dalam siaran pers yang diterima redaksi.

Pada kegiatan Parenting mid semester 1 yang lalu, selain memberikan laporan perkembangan belajar, diadakan juga seminar singkat dengan mengundang nara sumber dari luar sekolah. Tema yang diangkat saat itu terkait pembelajaran anak dirumah maupun disekolah. Seminar ini dalam rangka berbagi pengalaman dan wawasan kepada orangtua siswa serta team guru, agar sinergi yang telah terbina dapat tetap terjaga.

Sementara itu, pada kegiatan parenting yang dilaksanakan pada mid semester 2, selain memberikan laporan perkembangan belajar ananda, ditampilkan juga beberapa hasil pembelajaran dalam kegiatan school club diantaranya menari, vokal, pembacaan cerita dari klub menulis, serta penjualan produk sirup dari klub sains.

Percaya Diri

Saat tampil di atas panggung, para siswa tampak terlihat percaya diri. Menurut Elly, hal tersebut sesuai harapan dan tujuan adanya kegiatan school club atau klub sekolah sebagai kegiatan ekstrakurikuler yaitu mengakomodir juga mengasah talenta yang ada dalam diri ananda. “Untuk itu dukungan dan kerjasama orangtua sangat membantu dalam proses perjalanannya,” tuturnya.

Salah seorang siswa yang tampil dari klub vokal atau lebih dikenal dengan Lensa Voice, Bunga Sylvania Fuadin ketika ditanya oleh reporter cilik dari klub Menulis yang meliput kegiatan tersebut, Afifah Dzakiyyah  dan Nadira Terrania Rachman, mengaku sempat tegang sebelum tampil.

“Awalnya deg-degan tapi setelah itu lega,” ungkap Bunga yang merupakan siswa pindahan dari sekolah di Bandung.

Sementara itu, salah seorang orangtua murid yang sempat diwawancarai yaitu Irvan Brokah yang merupakan wali murid dari Daffa mengungkapkan bahwa ia merasa senang menyekolahkan putranya di Lentera Insan.

“Daffa sekolah di Lentera Insan sejak play group. Selain karena dekat rumah, sekolah ini bagus dan anak saya senang bersekolah disini,” ujar pria yang berprofesi sebagai wirausaha tersebut kepada Afifah dan Nadira.

Salah seorang guru pendamping atau lebih sering disebut gisma, Nuur Widya Rahma pada saat itu mengatakan banyak suka duka yang dirasakannya selama mengajar di Lentera Insan sejak Februari 2012 lalu. “Alasan utama ingin mengajar disini karena ingin menjadi pahlawan tanpa tanda jasa,” kata wanita yang berdomisili di Condet, Jakarta Timur tersebut.

Selain itu, ia menyebutkan alasan lain mengajar di Lentera Insan yaitu untuk lebih banyak menimba ilmu sebagai guru di sekolah inklusi dan mempelajarinya lebih dalam lagi.

Pemilihan Ketua PTSG

Agenda terakhir dalam kegiatan parenting adalah pemilihan ketua komite sekolah untuk periode tahun pelajaran 2013-2014 nanti. Komite Sekolah Lentera Insan dengan sebutan PTSG (Parents Teachers Support Group) merupakan bentuk atau wujud kebersamaan yang dibangun sebagai wadah untuk menjembatani, mendukungdan membantu  kepentingan dalam mengembangkan program sekolah melalui kesepakatan bersama.

Ketua Komite terpilih adalah Bapak Supardi yang merupakan Ayahanda dari ananda Ahmad Arfan, kelas 1. “Semoga sinergi antara pihak sekolah dan orangtua selalu terbina dengan baik,” pungkas Elly.

Reporter: Afifah Dzakiyyah, Nadira Terrania Rachman

Editor: Ririn Sjafriani

 

 

 

 

 

Daftar Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini231
mod_vvisit_counterKemarin988
mod_vvisit_counterMinggu ini2197
mod_vvisit_counterMinggu lalu6288
mod_vvisit_counterBulan ini17916
mod_vvisit_counterBulan Lalu18124
mod_vvisit_counterTotal pengunjung367280

Sedang Online..

Kami punya 34 tamu online
Banner